Demam modifikasi dengan menggunakan ban gambot memang tengah ngtrend, terlebih banyak produsen ban memproduksi ban gambot untuk motor matic. Selain terlihat lebih gaya, ban gambot memiliki keseimbangan yang cukup sempurna dan mampu meredam guncangan jalan secara optimal.
Namun dibalik kesempurnaan menggunakan ban gambot, ada kewaspadaan yang harus matickers pahami, karena dengan ban gambot banyak hal yang perlu disesuaikan dengan karakter diameter ban yang cukup lebar.
Nah, ini diantaranya resiko menggunakan ban gambot…
1. Belt / Rantai cepat aus
Ukuran ban yang terlampau besar akan menjadikan gir atau CVT bekerja ekstra keras untuk menariknya saat tuas gas ditarik dengan kuat oleh pengemudi. Padahal, pabrikan telah merancang kapasitas maksimal sesuai dengan ban berukuran standar pabrik. Apabila bagian ini kurang mendapatkan perhatian, komponen Continously Variable Transmission (CVT) dan pendukungya akan cepat rusak.
2. Kompresi mesin tinggi
Bila bikers menggunakan ban ukuran besar, harus di imbangi dengan meningkatkan torsi mesin motor. Bila tidak, akselerasi motor tak akan terasa hingga motor akan menjadi tak bertenaga. Salah satunya, selain perlu meningkatkan kompresi /bore up mesin, juga perlu mengganti knalpot dengan knalpot freeflow dan pilot jet. Ini berarti butuh biaya ekstra bila ingin mendapatkan kenyamanan sekaligus tidak merusak komponen yang lain.
3. Kerja rem ektra
Ban gambot pastinya akan berakibat pada komponen lain, tak terkecuali Rem. Rem akan bekerja ekstra keras untuk mengatur penghentian putaran roda, efeknya juga berimbas pada kampas rem yang pastinya akan lebih cepat habis.
4. Kurang lincah bermanuver namun enak untuk cornering/menikung
Penggunaan ban gambot di roda belakang memang menjadikan pengendalian motor lebih stabil dan cengkeraman ke aspal lebih kuat. Namun, di saat kondisi jalanan padat atau bahkan macet motor lebih sulit untuk diajak lincah dan bermanuver. Namun begitu, semuanya tergantung kepiawaian sang pengemudi.
5. Pastinya boros bahan bakar
Berbanding lurus dengan beratnya beban dan rotasi putaran yang tinggi, maka kinerja mesin pastinya akan ektra keras. Oleh karenanya naik kompresi / bore up mesin menjadi anjuran bagi matickers yang ingin menggunakan ban gambot.
Itu bikers dia untung rugi menggunakan ban gambot melebihi ukuran standar pabrikan. Yang pasti, untuk menghindari kerusakan mesin, ada beberapa komponen yang harus mengalami penyesuaian
Cermat, Cerdas, dan teliti sebelum mengaplikasikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar