Rabu, 15 April 2015

PERAWATAN MOTOR INJEKSI

Cara Merawat Motor Injeksi Honda Yamaha dan Suzuki


Zaman yang semakin modern ini hampir seluruh produksi kendaraan bermotor telah menggunakan sistem injeksi, jadi sudah tidak menggunakan karburator lagi, sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi ini sedah semestinya memerlukan perawatan harian berbeda dari sepedah motor yang masih karburator.
Kenapa kendaraan injeksi lebih mudah terkena gangguan dalam system pembakaran dari pada kendaraan yang masih menggunakan karburator?
Dalam pengertian sederhana supaya lebih mudah kita fahami yaitu cara masuknya bahan bakar ke dalam ruang pembakaran pada kendaraan injeksi yaitu melalui system dorongan udara (diinjekkan kedalam ruang pembakaran), sedangkan system karburator yaitu melalui lubang hisap kemudian bahan bakar masuk ke dalam ruan pembakaran, hal ini yang kemudian memberikan perbedaan dalam komponen pendukungnya.
Hampir seluruh pabrikan motor yang ada di Indonesia seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan TVS saat ini pasti meluncurkan sepeda motor yang menggunakan mesin dan pengapian dengan sistem fuel injection,  dengan model pengapian sistem injeksi terbukti dapat menghemat konsumsi BBM.
Kali admin akan memberikan tips perawatan harian sepeda motor yang menggunakan sistem injeksi supaya motor bisa menjadi lebih awet dan performanya tetap terjaga.
Berikut ini beberapa cara perawatan harian sepeda motor injeksi:
Panaskan mesin terlebih dahulu sebelum menggunakan kendaraan, (sebaiknya di pagi hari/ supaya tidak lupa)Hindari kehabisan bahan bakar, karena dapat menimbulkan kekosongan pada saluran injeksi.Minimalisir kemungkinan ada kotoran masuk kedalam tangki.Pastikan pompa bahan bakar dan filter udara selalu dalam kondisi yang baik, segera ganti apabila sudah kurang layak.Jaga kondisi kelistrikan pada kendaraan, seperti control kelayakan batrey/aki, busi, dan jangan merubah perkabelan /(menambah konsumsi daya untuk kebutuhan yang lain seperti membesarkan watt pada lampu, dsb). Jadi biarkanlah kendaraan anda sesua standard pabrikan saja.
Motor Injeksi lebih akurat mengatur kebutuhan bahan bakar dibandingkan dengan karburator, karena dalam proses kerja injeksi bahan bakar betul betul di takar dan diatur oleh beberapa sensor yang dikendalikan ecu, hal ini semakin mudah kita pahami bahwa kerusakan ecu dan beberapa sensor yang berhubungan dengan injeksi akan mampengaruhi kinerja injeksi, malah kadang akan menyebabkan kemacetan pada injeksi sehingga motor bisa mogok.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar