Kamis, 09 Juli 2015

Kick Stater di Pagi Hari

Haiii... Bro dan sis...
Kali ini ane akan membahas pentingnya menggunakan kick stater di pagi hari ketimbang menggunakan electric stater pada saat memanaskan kuda besi kita.

Mungkin dari kebanyakan orang lebih memilih atau nyaman menggunakan electric stater ketimbang menggunakan Kick stater pada saat memanaskan motor di pagi hari. Padahal, electric stater itu lebih memberi beban yang cukup besar pada aki, apalagi pada saat pagi hari yang notabene keadaan mesin atau motor dalam kondisi dingin atau istirahat semalaman.

Nah, jika kita terlalu sering menggunakan electric stater apalagi di pagi hari, akan mengakibatkan umur pendek pada aki atau bahasa kerennya itu SOAK....

Hal ini pernah ane alami pada waktu pertama kali punya si Veve ( honda verza 150 ). Awalnya, ane gak peduli atau lebih tepatnya gak paham motor. Hehehe.... Pada saat itu hampir tiap pagi bahkan sering, ane panasin si Veve pakek electric stater. Dan pada saat jalan 1 tahun, Veve ane punya kendala di electric stater yang gak bisa ane nyalain secara normal. Lalu, ane bawa tuh Veve ke bengkel resmi honda Ahass. Setelah di periksa sama mekaniknya, ternyata aki ane soak. Lalu ane tanya ke mekaniknya. "Pak kenapa tuh motor saya akinya bisa soak ? Padahal kan nih motor baru jalan 1 tahun". Mekaniknya bilang, " kalau soal umur aki, memang kita tidak bisa prediksi mas. Mungkin ini dari cara pemakaian masnya setiap harinya. Apa tiap pagi masnya sering pakek kick stater pada saat memanaskan motor ?". Ane jawab," Waduh, kayanya saya gak pernah tuh pak pakek kick stater, saya lebih sering pakek electric stater karena lebih praktis pak". Mekanik bilang ," Nah itu mas salah satu faktornya yg buat aki di motor masnya jadi soak. Karena pada saat keadaan motor istirahat lama atau pagi hari, motor dalam keadaan dingin dan jika masnya pakek electric stater langsung, beban aki sangat besar atau lebih singkatnya kaget. Nah lebih baik mulai sekarang sampeyan pakai kick stater mas tapi kalo bisa dikombinasikan antara kick starter dengan electric stater. Ane jawab. " oh... Gitu ya pak...".

Nah, dari sini Ane mulai sering pakek kick stater pada saat panasin motor di pagi hari ketimbang pakek electric stater yang notabene lebih memberikan beban yang terlalu besar. Apalagi aki yang dipakek sama si Veve motor injeksi saat ini kebanyakan menggunakan aki kering yang notabene sekali pakek dan harganya juga cukup mahal. Yah, mungkin bro dan sis bisa bayangin dari cuplikan cerita ane tadi yang ada di atas


Diusahakan pada saat panasin motor,  usahakan matikan lampu utama motor agar kinerja aki atau pengisian aki menjadi optimal. Kebetulan Veve ane, holder kirinya sudah ane ganti holder kirinya vixion hehehehe.... Tapi buat yang belum kaya ane atau lampu motornya menyala secara otomatis pada ssat mesin nyala, gak masalah juga yang penting tiap pagi diengkol tuh kick staternya. hehehehehe....
Sekian pembahasan dari ane tentang penggunaan kick stater di pagi hari. Jika ada salah tutur bahasa yang ada dalam blog ini, saya ucapkan banyak-banyak minta maaf. Saran atau kritikan bisa dicantumkan pada kolom komentar

Rilis blog by : Rynno ( admin/fresh member VERSUS )
Contact : 083117773658
E-mail : aurynnomahardhika@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar