Brosis - Ada 6 motor legendaris yang mengisi kejayaan Honda hingga kini bersama Repsol. Motor apa saja itu??
Honda NSR500
Debut pertama pada tahun 1984, honda berhasil mengembangkan mesin Big Bang pada motor NSR500 pada tahun 1992. NSR500 dengan mesin 2Tak V4 meraih puncak kejayaan pada masa Mick Doohan. Empat gelar juara dunia MotoGP berhasil diraih Doohan secara beruntun (1995-1998). Dengan power lebih dari 180HP sangat agressif menuntut skill mumpuni untuk menjinakkan NSR500 ini.
Selain Doohan, Alex Criville pembalap Spanyol yang juga rekan setim Doohan berhasil menambah gelar juara pada tahun 1999 dengan NSR500 juga.
RC211V
Dengan regulasi baru yang mewajibkan menggunakan mesin 4Tak, Honda Jepang mengembangkan mesin baru yang diberi nama RC211V. Inilah kelahiran mesin 4Tak Honda RC211V V5 engine berkapasitas 990cc. Valentino Rossi, yang tidak diragukan lagi sebagai legenda MotoGP pernah merasakan manisnya gelar juara bersama Honda(2002-2003) sebelum akhirnya berkelana dengan pabrikan lain.
Nicky Hayden merupakan pembalap selanjutnya yang berhasil meraih titel juara dunia bersama RC211V. Dengan meneruskan pengembangan mesin dari Valentino Rossi, Hayden juara dunia di tahun 2006.
RC212V
Casey Stoner saat pertama kali bergabung dengan Honda pada 2011, langsung merasa nyaman dengan RC212V. Dengan regulasi baru, kapasitas silinder maksimum 800cc, Honda mengembangkan mesin V4 baru, dengan meningkatkan elektronik, menggunakan sistem katup pneumatik dan membuat perbaikan ke
sistem kontrol traksi, semua ini untuk membuat motor lebih mudah dikendalikan. Sebagai catatan tahun 2011, Honda pertama kali memasukkan Seamless Shift Gearbox.
RC213V
Regulasi baru dengan kapasitas mesin kembali lagi ke 1000cc, Honda mengembangkan mesin V4 1000cc baru. Marc Marquez yang melakukan lompatan dari Moto2 langsung ke pabrikan, langsung berhasil menjadi juara di 2013-2014. Honda bekerja sama dengan Repsol telah melakukan pengembangan besar terutama pada katup pneumatik terbaru, dan juga sasis. Power mesin RC213V melonjak hingga 230HP, meskipun dengan adanya pembatasan bahan bakar.
Nah, itulah 6 motor legendaris, motor juara Honda diajang MotoGP. Keenam motor tersebut akan selalu menjadi legenda sepanjang masa. Bagi fans Repsol Honda MotoGP tentunya sangat paham betul dengan keenam motor tersebut…mana motor jagoanmu??
 




































 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar