Kamis, 16 April 2015

MENGAPA MOTOR TERASA BOROS

Bermanfaat juga pastinya :D 

1. Penyebab Motor Boros 

Punya sepeda motor standar namun konsumsi bahan bakarnya menjadi boros? Apa penyebabnya? Setidaknya ada lima hal yang menjadi penyebab boros tidaknya konsumsi bensin, seperti:

a. Macet 

Situasi jalan yang dilalui dalam kondisi macet, karena meskipun posisi motor sedang berhenti, namun putaran mesin tidak berhenti.

b. Kondisi Jalan 

Kondisi jalanan yang dilalui menanjak, di mana pada kondisi jalan tersebut pengendara motor membuka gas lebih banyak ketimbang kondisi jalan landai atau datar, sehingga mengakibatkan putaran mesin lebih tinggi dan konsumsi bensin menjadi lebih banyak. Demikian juga pada jalan yang bergelombang, atau cenderung rusak.

c. Memainkan Gas Terus Menerus 

Cara pemakaian gas juga mempengaruhi konsumsi bensin. Misalnya, ketika motor berhenti di persimpangan atau lampu merah, sering memainkan gas secara terus-menerus, sering ngebut, dan sering mengerem mendadak. Selain itu faktorlainnya adalah tidak melakukan servis secara rutin, sehinga settingan mesin telah mengalami perubahan.

d. Suhu 

Faktor keempat yang turut mempengaruhi penggunaan bahan bakar adalah suhu. Makin panas suhu udara, maka penguapan bahan bakar akan semakin tinggi.

e. Kondisi Motor
Misalnya, ban kempes atau kurang angin,penggunaan aksesori body yang berat dan mengakibatkan bertambahnya hambatan udara, atau beban angkut yang berlebihan. 

2. Tips Menghemat BBM 

a. Buka Tutup Gas Seirama
Jangan bergaya stop and go. Tutup dan buka gas full.Tapi, mainkan irama sesuai putaran mesin. Secara teknis antara rpm dan torsi senada. Di sini dibutuhkan feeling kuat. Apalagi, pas pindah gigi. Jangan sampai telat. Rpm jangan dibiarkan tinggi, baru pindah gigi. Buka gasnya pun mesti sesuai putaran mesin. Jangan buka gas, tapi tenaga motor masih rendah. Paling gampang dicoba pas turunan dan tanjakan. Di turunan nggak usah open throttle. Cara seperti itu ngasih beban berlebihan. Bahan bakar deras, tapi tidak sesuai kebutuhan ruang bakar.

b. Kurangi Penggunaan Engine Brake
Di harian jangan disamakan dengan balap. Hapus teknik engine brake. Teknik seperti memaksa mesin berputar, tapi tak sesuai dengan daya yang dihasilkan. Berarti bahan bakar ngocor, sementara torsi tidak terbakar sempuran. Paling bagus pakai rem, mesin tidak dipaksa berputar.

c. Hindari Ngerem Sambil Ngegas
Ini biasa dilakukan kaum Hawa. Tak sadar, rem belakang diinjak, tapi gas tetap jalan. Sekali lagi, rpm dan torsi tidak keluar maksimal. Proses pembakaran yang semestinya menghasilkan daya, tapi tertahan. Pembakaran pun jadi sia-sia.

d. Jangan Geber Di Lampu Merah
Kebiasan bergaya. Kondisi mesin idle atau posisi gigi lagi netral, tapi gas digeber-geber. Campuran bahan bakar dan udara dari karburator masuk ke ruang bakar. Wah, di sini nih bensin akan ngocor deras, tapi terbuang percuma. Mubazir, kan.

e. Jangan Terlalu Lama Memanaskan Mesin
Cara lama.Sebelum berangkat kantor, sekolah, atau kuliah motor dinyalakan. Dibiarkan berlama-lama. Katanya sih supaya oli naik dan membasahi semua komponen mesin sebelum motor dijalankan. Ingat lho, posisi mesin netral bikin bahan bakar terbuang percuma. Lama waktu buat memanaskan mesin paling pas 1 sampai 2 menit saja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar