Rabu, 29 April 2015

PEDULI SESAMA MELALUI DONOR DARAH DI PMI SURABAYA

Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah untuk kemudian dipakai pada transfusi darah. Salah satu kegiatan Verza Surabaya (VERSUS) yg berhubungan dengan Baksos adalah donor darah. Karena saat ini stok darah di Indonesia masih kurang.

Salah Satu dari serangkaian kegiatan Berbagi Sesama tahun 2015 di Surabaya adalah Donor Darah di PMI. Beberapa anggota VERSUS dan klub lain ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini namun ada juga yg ditolak krn tidak memenuhi persyaratan pendonor.

Banyak persiapan yang harus dilakukan untuk terciptanya disiplin serta meminimalisasi terjadinya hal-hal yang tidak dinginkan, maka terdapat juga sistem dan mekanisme dalam pelaksanaan Donor darah.

Terkait kegiatan donor darah, disampaikan oleh seorang petugas PMI, manfaat dari donor darah selain berguna bagi orang lain yang membutuhkan juga bermanfaat untuk si pendonor sendiri karena dengan mendonorkan darahnya, si pendonor  secara tidak langsung  sedang memeriksakan kesehatan dirinya. Dimana bila ada penyakit menempel di tubuh, pasti bisa cepat terdeteksi, sehingga keuntungannya bagi pendonor adalah dapat mengambil penanganan yang optimal dan risiko penyakit untuk sembuh secara cepat karena sudah tahu apa penyakit yang terdapat di tubuh si pendonor.

Selain itu dengan melakukan donor darah bisa mengetahui secara pasti tipe golongan darah. Bagi pendonor yang rutin mendonorkan darah dalam jangka waktu tiga bulan sekali, berarti juga melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, yang meliputi tekanan darah, nadi, suhu tubuh, tinggi dan berat badan, hemoglobin, penyakit dalam, hingga hepatitis dan HIV.

Manfaat lainnya adalah menurunkan faktor risiko Anda terkena penyakit berat di kemudian hari, antara lain : menurunkan kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, tekanan darah terkontrol, mempercepat proses penyembuhan luka, dan mengurangi risiko kanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar