Selasa, 16 Juni 2015

Dibalik Perjalanan Jelajah Tipografi 2

Hai Bro n Sis, Gimana kabarnya nih ???. Sebelumnya, selain saya salah satu member Verza Surabaya, saya merupakan mahasiswa DKV'13 UPN "Veteran" Jawa Timur, Surabaya. pada kesempatan kali ini, saya akan menceritakan "Dibalik Perjalanan Jelajah Tipografi 2" yang dimana merupakan tugas dari mata kuliah DKV'13 UPN yakni Tipografi 2. Nama tugas Tipografi 2 ini adalah tugas "iluminasi deformasi" yang diwujudkan dalam bentuk sign/tanda berupa nama sebuah tempat yang ada di Tulungagung, Jawa Timur. Nama tempat tersebut adalah Pantai Sanggar dan Pantai Pathuk Gebang.

Sebelum saya dan teman - teman saya membuat sign/tanda untuk Pantai Sanggar dan Pantai Pathuk Gebang,terlebih dahulu dibuat beberapa kelompok yang terbagi menjadi 6 Kelompok, berikut pembagian kelompok tersebut :

-Kelompok 1 (Sign/tanda kecil berupa papan kata penyemangat menuju Pantai Sanggar)
-Kelompok 2 (Sign/tanda Besar berupa nama dari Pantai Sanggar itu sendiri yang berada di Pantai Sanggarnya)
-Kelompok 3 (Sign/tanda besar berupa nama dari Pantai Pathuk Gebang yg berada di Puncak bukit/ tepat setengah perjalanan menuju Pantai Pathuk Gebang)
-Kelompok 4,5,6 (Sign/tanda kecil berupa papan kata penyemangat dari Pantai Sanggar menuju Pantai Pathuk Gebang.

Pada kesempatan kali ini, saya tergabung dalam kelompok 3 yang berisikan 21 anggota dan merupakan kelompok dengan anggota yang paling banyak dari 6 kelompok yang sudah ditentukan. Hehehehehe....

Berikut rangkaian perjalanan Tim Jelajah Tipografi 2 ke Pantai Sanggar dan Pantai Pathuk Gebang.

Jum'at, 12-06-2015 pukul 06.00 WIB. Rombongan Tim Jelajah Tipografi 2 yang berkisar sekitar kurang lebih 60 orang, stand by di halaman gedung FTSP (Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan).Pada Pukul 09.00 WIB, Rombongan Jelajah Tipografi 2 berangkat menuju tulungagung menggunakan 3 ELF ukuran long dan 1 mobil box besar untuk mengangkut peralatan dan perbekalan selama disana. Namun, pada pukul 11.00 WIB kita rest di salah satu Masjid dipinggir jalan terlebih dahulu, tepatnya di daerah Kertosono. Karena bertepatan hari jum'at, Kita sebagai kaum laki-laki yang beragama islam untuk melakukan ibadah Shalat Jumat terlebih dahulu. Lalu, tepat pukul 14.00 WIB, kita melanjutkan kembali perjalanan menuju Pantai Sanggar dan Pantai Pathuk Gebang, Tulungagung. Tepat pukul 17.00 WIB, kita tiba di desa terakhir atau desa terdekat Pantai Sanggar dan Pantai Pathuk Gebang. Karena kendaraan yg kita bawa tidak bisa menuju lokasi Pantai Sanggar dan Pantai Pathuk Gebang, terpaksa kita parkir di desa terakhir tersebut. Akses menuju lokasi Pantai sanggar dan Pantai Pathuk Gebang, hanya bisa ditempuh dengan motor/ojek dan tentunya jalan kaki. Sebelum kita menuju lokasi, kita terlebih dahulu beristirahat dan melakukan ibadah Shalat maghrib. Tepat pukul 19.30 WIB, Rombongan melakukan start perjalanan menuju lokasi dengan berjalan kaki yang ditempuh 1 jam 30 menit. Pada pukul 21.00 WIB, Rombongan tiba di lokasi pertama sekaligus tempat camp kita selama semalam yakni, Pantai Sanggar. Disitu para rombongan sibuk mendirikan tenda dan mempersiapkan makan malam. Ada juga beberapa teman-teman yang mengabadikan milky way/sekumpulan bintang-bintang yang indah diatas langit Pantai Sanggar dangan menggunakan camera DSLRnya masing-masing dan menjandikan pelepas lelah dan penat pada saat perjalanan.

Sabtu, 13-06-2015 tepat pukul 05.30 WIB, rombongan mulai prepare untuk tugas utamanya yakni memasang sign/ tanda disetiap tempat yang sudah ditentukan di Pantai Sanggar dan Pantai Pathuk Gebang. Pukul 08.00 WIB briefing untuk lokasi pemasangan sign/tanda yang akan dipasang. Pukul 08.45 WIB tim Jelajah tipografi 2 mulai memasang sign/tanda sesuai kelompok dan tempat yang sudah ditentukan. Untuk saya yang kebetulan berada di kelompok 3, saya dan teman-teman kelompok 3 yang lain beserta dosen dan kelompok 4,5 dan 6 mulai melakukan perjalanan ke titik tempat pemasangan sign/tanda yang sudah ditentukan. Perjalanan kali ini menuju Pantai Pathuk Gebang cukup menguras tenaga ketimbang perjalanan sebelumnya menuju Pantai Sanggar. Meskipun jarak tempuhnya lebih panjang perjalanan dari desa terakhir menuju Pantai Sanggar, namun medan yang dilalui dari Pantai Sanggar menuju Pantai Pathuk Gebang cukup terjal dan berbahaya jika dikala musim hujan. Yang membuat kita cukup lelah menuju titik lokasi yang sudah ditentukan selain medan yg cukup terjal dan berbahaya yakni, kita juga membawa peralatan dan perbekalan yang cukup banyak diantaranya, balok dan papan kayu yang berukuran cukup besar, linggis, pacul, palu dll. Pada pukul 10.00 WIB, saya dan teman-teman kelompok 3 tiba di titik lokasi yang sudah ditentukan tepatnya berada di paling ujung/puncak bukit yang membelah antara Pantai sanggar dan Pantai Pathuk Gebang. Sedangkan kelompok 4,5 dan 6 melanjutkan perjalanan menuju lokasi yang sudah ditentukan. Tepat pukul 14.00 WIB, Kelompok 3 sudah selesai memasang sign/tanda yang cukup besar bertuliskan "PATHUK GEBANG" yang berukuran per font/hurufnya 1,2 m x 1,8 m dengan bahan triplek dan penyangga kayu reng 4/6 dan tidak lupa kami mendokumentasikan hasil perjuangan dan kerja keras kami. Seiring dengan selesainya tugas kelompok 3, kelompok-kelompok yang lainnya pun telah menyelesaikan tugasnya masing-masing. Pukul 14.30 WIB, rombongan kelompok 3 menyusul rombongan kelompok 4,5 dan 6 yang sudah berada di Pantai Pathuk Gebang. Di sepanjang perjalanan kita melewati medan yang cukup terjal dan licin dengan posisi menuruni bukit. Perjalanan dari puncak bukit ke lokasi Pantai Pathuk Gebang melewati jalan setapak yang berada di tengah-tengah hutan. Hingga akhirnya tepat Pukul 15.00, saya dan rombongan kelompok 3 sampai di Pantai Pathuk Gebang yang indaaaahhhh bangeeetttt, dan terbilang masih perawan alias alami dengan ombaknya yang menghantam ke tepi tebing karang. Gilaaaa....!!!! Pokoknya indah banget dahhh.....hehehehehehehe......
Pukul 16.00 WIB, saya dan rombongan kelompok 3,4,5, dan 6 kembali menuju Pantai Sanggar dan prepare kembali menuju desa terakhir untuk pulang menuju Surabaya. Pada pukul 17.00 WIB, saya dan rombongan kelompok 3,4,5, dan 6 tiba di Pantai Sanggar untuk prepare menuju desa terakhir dengan membawa perbekalan yang sengaja ditinggal di salah satu warung Pantai Sanggar. Pukul 17.30 WIB, saya dan beberapa teman yang lain meninggalkan Pantai Sanggar menuju desa terakhir dengan menggunakan ojek karena kondisi saya yang kurang baik untuk melakukan perjalanan jalan kaki. Adapula beberapa teman-teman yang lain tidak menggunakan jasa ojek, namun mereka lebih memilih berjalan kaki sampai desa terakhir. Pukul 17.50 WIB, saya tiba di desa terakhir dan melakukan prepare untuk kembali ke Surabaya. Pukul 20.30 WIB, rombongan Tim Jelajah Tipografi 2 kembali pulang menuju Surabaya dan tepat pukul 01.30 WIB, rombongan Tim Jelajah Tipografi 2 tiba di Surabaya dengan selamat tanpa kekurangan apapun.

Sekian cerita dari perjalanan saya dan Tim Jelajah Tipografi 2 ke Pantai Sanggar dan Pantai Pathuk Gebang. Jika ada salah-salah kata saya pribadi mengucapkan banyak-banyak minta maaf. Sekian dan terima kasih.

Wassalamualaikum, Wr, Wb

Rilis by : rynno (fress member Verza Surabaya)

Berikut dokumentasi selama berada di Pantai Sanggar dan Pantai Pathuk Gebang.

Perjalanan menuju puncak bukit / titik lokasi pemasangan tulisan "PATHUK GEBANG"
Proses memasang tulisan "PATHUK GEBANG"

Dokumentasi saat tulisan "PATHUK GEBANG" selesai dibuat

Keindahan Pantai Sanggar dari puncak bukit / lokasi pemasangan tulisan "PATHUK GEBANG"

Tulisan "PATHUK GEBANG" dilihat dari Pantai Sanggar

Narsis pada saat di lokasi pemasangan tulisan "PATHUK GEBANG". Hehehe...